Wednesday 28 October 2015

13 Fakta Keunikan Thailand



Ingin tahu Fakta Fakta menarik dan hal hal yang unik dari negeri Thailand? berikut adalah jawabannnya :

1.Thailand adalah rumah bagi Buddha emas terbesar dunia, kolam buaya terbesar, restoran terbesar, jembatan suspensi satu rentang terpanjang, dan hotel terpanjang dunia.

2. Mamalia terkecil di dunia, Craseonycteris thonglongyai (semacam kelelawar) ada di Thailand.



3. Thailand mempunyai ikan terbesar dunia, 12 meter Rhincodon typus, yang terkenal dengan ikan paus.



4. Pada tahun 199, dua “kucing mata intan”, Phet dan Ploy menikah dengan acara pernikahan yang mewah yang memakan biaya $16,241, dan menjadi pernikahan binatang piaraan termahal di dunia.

5. Thailand adalah negara Indocina yang paling memiliki kemiripan dengan orang orang indonesia.

6. Buddhisme adalah agama terbesar di Thailand dengan 94.6% penduduk memeluk agama tersebut. Pemeluk Islam ada 4.6%, Kristen 0.7%, dan agama lainnya 0.1%.

7. Nama tempat terpanjang di dunia adalah nama lengkap bangkok, ibu kota Thailand, yaitu: Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. Artinya adalah “Kota Malaikat, Kota Keabadian Agung, Kota Sembilan Mutiara yang Menawan, Tempat Duduk Raja, Kota Istana Raja, Rumah Inkarnasi Dewa, Didirikan oleh Visvakarman di Behest Indra.



8. Bahasa nasional Thailand adalah bahasa Thai, yang diyakini oleh banyak sarjana merupakan bentuk dari bahasa China yang berangsur-angsur dibawa ke daerah tersebut. Seperti bahasa Lao, Vietnam, dan China, bahasa Thai adalah bahasa yang menggunakan gaya suara. Alfabetnya ada 32 huruf vokal dan 44 konsonan.



9. Bangkok pernah disebut dengan “Venice dari Timur” karena bangunan aslinya berdiri di atas sungai Chao Phraya. Namun, dengan bertambah besarnya Bangkok, banyak terusan ditempati untuk bangunan dan ditutup.



10. Prostitusi dilegalkan di Thailand, disamping undang-undangnya sangat jarang dilaksanakan. Diperkirakan jumlah pekerja seks beragam dari 30.000 sampai lebih dari 1 juta.



11. Lebih dari 1500 spesies anggrek tumbuh liar di hutan Thai. Thailand adalah eksporter anggrek nomor satu dunia.



12. Salah satu hewan Thailand yang paling aneh adalah mudskipper, yaitu sejenis ikan yang bisa berjalan di daratan dan memanjat pohon. Ikan ini menggunakan siripnya untuk “berjalan” dan dapat menyerap oksigen melalui kulitnya dan sakuran di mulutnya. Ikan ini menghabiskan banyak waktunya di luar air, makan alga di genangan air pasang.



13. Pemain golf terkenal dunia, Tiger Wood, adalah anak dari ayah keturunan Amerika dan ibunya keturunan Thai.



0 komentar:

Post a Comment