Saturday 7 November 2015

6 Profesi Unik yang Hanya dimiliki Jepang


Negara yang mendapatkan sebutan ‘Negeri Sakura’ ini memiliki deretan pekerjaan-pekerjaan aneh.



Walaupun aneh, namun pekerjaan-pekerjaan ini cukup diminati oleh banyak orang. Apa sajakah itu? Berikut enam pekerjaan aneh di Jepang yang dilansir dari Japan Today:

1.Miko



Miko adalah istilah dalam agama Shinto di Jepang, merujuk pada para wanita kuil atau pendeta-wanita pendamping yang dulu pernah dipandang sebagai seorang dukun tetapi dalam budaya Jepang modern pekerjaan tersebut dikenali sebagai peran secara adat dalam kehidupan di kuil sehari-hari, para Miko terlatih untuk mengerjakan tugas mulai dari melakukan penyucian hingga melakukan Kagura,suatu tarian suci.Kalian pastinya pernah nonton animasi Jepang "Inuyasha"?nah itu dia perempuan yang bernama Kikyo yang memanah Inuyasha yang dinamakan Miko.



Pakaian tradisional miko adalah hakama (sejenis celana panjang longgar) berwarna merah atau rok panjang berlipat, dengan haori (jaket kimono) putih, serta pita rambut putih atau merah. Dalam agama Shinto, warna putih melambangkan kesucian.



Peralatan miko tradisional meliputi azusayumi  atau "busur kayu azusa") tamagushi ( atau "persembahan cabang pohon sakaki")  dan gehōbako ( atau "kotak supernatural yang berisi boneka, tengkorak manusia dan hewan dan tasbih Shinto".

2.Geisha

Geisha merupakan  seniman penghibur  wanita(entertainer) tradisional Jepang. Geisha sangat umum pada abad ke-18 dan abad ke-19, dan masih ada sampai sekarang ini, walaupun jumlahnya tidak banyak.



Geisha belajar banyak bentuk seni dalam hidup mereka, tidak hanya untuk menghibur pelanggan tetapi juga untuk kehidupan mereka. Rumah-rumah geisha ("Okiya") membawa gadis-gadis yang kebanyakan berasal dari keluarga miskin dan kemudian melatih mereka untuk dijadikan seorang Geisha.

3.Dog Food Tester



Pernahkah diantara kalian yang pernah  mencicipi makanan hewan peliharaan kalian? Ya, hanya Jepang yang memiliki pekerjaan seaneh ini.Para pekerja diminta untuk menikmati makanan anjing, apakah makanan tersebut memiliki cita rasa yang pas dan sehat untuk anjing. Para dog food tester akan menerima gaji sebesar 10 ribu – 20 ribu yen setiap harinya.Wahh umayan besar bukan gajinya kawan?Hehehe

4.Wedding Ceremony Attendee



Malas datang sendiri ke acara pernikahan atau pun ulang tahun sahabat atau keluarga kalian? Tak perlu khawatir, karena di  Jepang ada jenis pekerjaan yang menyediakan jasa penyewaan pasangan yang dapat menemani  kalian selama satu hari penuh.



Jasa ini juga menyediakan pria dan wanita yang dapat disesuaikan dengan keinginan kalian. Untuk satu acara, mereka diberikan uang sebesar 5 ribu yen beserta dengan souvenir pernikahan dan makanan enak.Hehehe

5.Shoe Fitter



Bagi kalian yang tak ingin salah saat membeli sepatu, maka datanglah ke tukang tes sepatu. Walaupun terlihat sederhana, namun pekerjaan dengan gaji Rp 1.150.000 cukup sulit. Karena, mereka harus memastikan apakah sepatu  sepatu itu  cocok dan tidak menimbulkan luka pada si pengguna sepatu.

6.Bad Smell Specialist




Salah satu pekerjaan aneh  lainnya  yang dimiliki oleh Jepang adalah pencium bau tidak sedap atau yang biasa dikenal dengan Olfactory Measurement Operator. Para pekerja bertugas untuk mencium bau yang tak sedap pada makanan, minuman, barang atau pun tempat. Karena, seperti yang telah diketahui Jepang memiliki undang-undang yang melarang keras adanya bau tak sedap yang melebihi batas. Hal ini dilakukan agar masyarakat tetap merasa nyaman saat melakukan aktivitas di Jepang. 


1 comment:

  1. The Essence of Outstanding Lobby Design - We are all aware of the significance of first impressions. From meeting new coworkers to arriving in a new city, the impact of the first few seconds cannot be overstated and is critical for a long-term relationship.

    The Best Hotel Decorating Idea – Storytelling When it comes to decorating a hotel, the best strategy is to choose an interior that tells a story while also incorporating a touch of local wisdom.

    Hotel Lighting Ideas to Improve Hotel Quality – Hotel lighting is an important part of a property’s design, ambiance, and feel for both guests and staff.

    ReplyDelete