Tuesday 27 October 2015

Grand Palace Bangkok Thailand

Nah kawan pada post kali ini gw mau bahas tentang Grand Palace,salah satu bangunan termegah dan memiliki sejarah yang penting bagi negara Thailand.



Grand Palace atau Istana Raja( Phra Borom Maha Ratcha Wang) adalah kompleks bangunan istana yang berlokasi di Bangkok, Thailand. Istana ini berfungsi sebagai kediaman resmi Raja-raja Thailand dari abad ke-18 dan seterusnya.



Istana ini dibangun pada tahun 1782, pada masa pemerintahan Raja Rama ke 1, sewaktu Beliau memindahkan ibu kota kerajaan menyeberang sungai dari Thonburi ke Bangkok. Istana ini telah diperluas beberapa kali dan bangunan-bangunan tambahan telah dibangun seiring waktu perkembangannya.



Meskipun tetap bergelar Istana Raja, Raja Thailand yang sekarang, Raja Bhumibol Adulyadej tidak berdiam di istana ini, dia tinggal di Istana Chitralada. Meski kini tidak lagi dihuni oleh raja, tiap tahun istana ini masih digunakan sebagai tempat menggelar upacara dan ritual kerajaan. Upacara yang digelar di istana ini antara lain; penobatan, pemakaman, pernikahan, dan jamuan kerajaan. Di dalam kompleks istana ini juga terdapat kantor pemerintahan, seperti Kantor Sekretaris Pribadi Raja dan Institut Kerajaan Thailand.



Kompleks Grand Palace yang luasnya sekitar 500 x 300 meter ini, di dalamnya juga terdapat kuil paling suci di Thailand, yaitu Wat Phra Kaew. Di kuil ini lah bersanding patung Buddha paling suci di Thailand, yaitu Emerald Buddha, patung Buddha setinggi 66 cm yang terbuat dari batu giok hijau, yang pada setiap musim terdapat upacara saat penggantian busana sang Buddha yang terbuat dari emas murni. Wat Phra Kaew sangat megah. Seluruh dinding dan langit-langitnya dihiasi lukisan indah. Kita dilarang untuk berfoto selama berada di dalam kuil suci ini.Gimana menarik bukan,so jangan lewatkan untuk mengunjungi Grand Palace ini ya.

0 komentar:

Post a Comment