Monday 2 November 2015

8 Tempat Wisata Terpopuler di Hokkaido Jepang

Pulau yang  dahulu bernama Ezo ini adalah nama pulau sekaligus nama prefektur Jepang yang menempati Pulau Hokkaido, Jepang. Hokkaido merupakan pulau terbesar kedua di negara Jepang sekaligus prefektur terbesar di Jepang.Selat Tsugaru memisahkan Pulau Hokkaido dari Pulau Honshu.



Pulau Hokkaido dan Pulau Honshu dihubungkan oleh terowongan bawah laut Seikan. Suku bangsa  asli yang mendiami pulau di Hokkaido adalah suku Ainu.Hokkaido yang kerap juga dijuluki yukiguni atau negara salju ini punya segudang daya tarik, baik dari segi keindahan alam, kuliner, hingga pilihan obyek wisatanya.

Dan berikut  ini adalah  tempat yang wajib dikunjungi saat  kalian berada di Hokkaido:

1. Sapporo



Sapporo merupakan pintu gerbang udara ke Hokkaido dari Tokyo dan Osaka dan juga  merupakan pusat budaya, ekonomi dan politik dari pulau Hokkaido. Kota ini ditandai dengan jalan-jalan yang tertata  dengan rapi seperti papan catur.Ibu kota prefektur Hokkaido dan kota terbesar di Hokkaido ini sekaligus termasuk dalam salah satu kota terbesar di Jepang. Sapporo dikenal di luar Jepang setelah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada tahun 1972 yang merupakan Olimpiade Musim Dingin pertama di Asia.



Festival Salju Sapporo setiap tahunnya dikunjungi oleh lebih dari dua juta wisatawan dari seluruh dunia.Kota ini terkenal dengan ramen Sapporo rasa miso dan merek bir Sapporo. Distrik hiburan Susukino termasuk salah satu yang paling terkenal di Jepang.Selain itu Sapporo memiliki  banyak tempat wisata lainnya yang sangat menarik, seperti Moerenuma Park, sebuah taman kota yang dirancang oleh Isamu Noguchi; museum terbuka, resort ski, museum bir, aneka pusat perbelanjaan, pasar, taman botani, dan banyak lagi.

2. Hakodate National Park



Hakodate merupakan  sebuah  tempat wisata  di Hokkaido yang tak kalah kepopularannya. Hakodate adalah sebuah kota dan pelabuhan di Subprefektur Oshima, Hokkaido, Jepang. Ibu kota Subprefektur Oshima. Hakodate merupakan kota pelabuhan yang terkenal dengan pemandangan malamnya yang sangat indah.



Benteng Goryokaku yang berbentuk bintang merupakan obyek wisata utama  di kota ini disertai pemandangan gunung  Hakodate yang indah. 

3. Shiretoko National Park

Hokkaido memiliki banyak taman nasional, namun baru Shiretoko yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO; menjadikan tempat ini menjadi salah satu kebanggaan dari negara Jepang.Taman Nasional  ini merupakan taman nasional yang meliputi sebagian besar Semenanjung Shiretoko di ujung timur laut Pulau Hokkaido, Jepang. Kata "Shiretoko"  sendiri berasal dari bahasa Ainu, ”sir etok“yang berarti akhir dari bumi.



Taman nasional ini merupakan salah satu daerah yang paling terpencil di Jepang.Sebagian besar tempat di Semenanjung Shiretoko hanya dapat diakses dengan berjalan kaki atau dengan perahu.



Taman Nasional ini terkenal sebagai habitat beruang cokelat, dan dari sini dapat dilihat pemandangan Pulau Kunashiri yang disengketakan oleh Jepang dan Rusia.Taman Nasional ini memiliki sumber air panas, dan air terjun yang disebut Air Terjun  Kamui wakka berarti "air para dewa" dalam bahasa Ainu.



Selain itu di tempat ini juga terdapat banyak ragam satwa seperti rusa, beruang, rubah, anjing laut, elang, salmon, dan ikan paus yang mengambil bagian dalam rantai kehidupan di tempat ini, meskipun wilayah ini tidak begitu luas.

4. Furano

Furano  adalah  sebuah kawasan perkotaan yang terletak di Subprefektur Kamikawa, di Hokkaidō, Jepang.Kota ini terkenal akan ladang lavendernya dan berbagai produk alam.



Selain itu Furano juga terkenal sebagai kota tujuan wisata musim dingin karena tersedianya arena Ski. Furano terbagi oleh sungai Sorachi, dengan bagian timur adalah pusat kotanya, sementara arena Ski Kitanomine terletak di sebelah barat.



Adapun atraksi yang disarankan untuk dicoba di tempat ini adalah menaiki Lavender Bus yang akan membawa wisatawan menjelajah ladang Lavender, maupun menaiki kereta Furano-Biei Norokko Train yang akan melewati berbagai ladang bunga dengan pemandangan yang indah.

5 . Daisetsuzan National Park

Jika Shiretoko  National Park memegang rekor  karena menjadi satu-satunya taman nasional di Hokkaido yang masuk dalam daftar situs warisan dunia, maka Daisetsuzan ini memegang rekor sebagai taman nasional terbesar di Hokkaido. 



Saking besarnya, taman ini lebih luas dari beberapa prefektur kecil yang ada di kawasan negara Jepang. Daisetsuzan  menjadi surga bagi para pecinta aktifitas outdoor seperti Hiking ataupun camping  itu karena Daisetsuzan memiliki area pegunungan yang masih sangat terjaga kealamiannya. 

6.  Noboribetsu

Dari sekian banyaknya resort onsen yang terdapat di Hokkaido, Noboribetsu sadalah resort onsen yang paling populer.



Di tempat ini terdapat hampir  11 jenis air panas alami yang beberapa diantaranya memiliki kualitas air terbaik di Jepang.



Di Noboribetsu  juga terdapat Jigokudani atau lembah neraka, sebuah lembah yang menjadi sumber air panas bagi resort onsen.

7. Otaru



Otaru populer karena memiliki kanal dan juga popular karena  memiliki bangunan-bangunan bekas gudang yang kini diubah menjadi restoran, museum, dan toko-toko.



Salah satu aktifitas yang direkomendasikan saat  kalian berada di Otaru adalah berjalan-jalan menyusuri  Sakaimachi Street yakni  sebuah kawasan preservasi yang memiliki banyak bangunan dengan gaya arsitektur Barat.



Otaru ini juga menjadi tuan rumah untuk Otaru Snow Light Path Festival, sebuah festival musim dingin yang biasa digelar pada awal Februari.


8. Akan National Park

Taman nasional  ini  berada di sisi timur  pulau Hokkaido  dan  populer karena taman ini memiliki 3 danau yang memiliki keindahan luar biasa, yaitu Danau Akan, Danau Mashu, dan Danau Kussharo.



Danau Akan merupakan sebuah danau yang menjadi rumah bagi marimo, jenis alga langka berbentuk bola-bola hijau.



Danau Mashu merupakan danau terindah di Jepang karena memiliki air yang super jernih sehingga bisa memantulkan awan dan gunung disekitarnya dengan begitu jelas. 



Sedangkan Danau Kussharo sendiri  merupakan danau terbesar di taman nasional ini yang meiliki beberapa outdoor onsen  di sekitar danau yang beberapa diantaranya bisa digunakan secara gratis.



0 komentar:

Post a Comment